Rabu, 15 Juni 2016

8 Oleh-oleh Khas Manado yang Sangat Populer

Manado, kota tersebut terkenal dikarenakan memiliki spot diving yang indah. Salah satunya ialah Taman Laut Bunaken yang telah terkenal hingga mancanegara akhirnya menciptakan kota tersebut sangat dibanjiri oleh wisatawan, baik tersebut wisatawan domestik atau internasional. Tidak sekedar objek tamasya alamnya, Manado begitu juga memperoleh kuliner khas yang lezat.

Seandainya Kamu mengunjungi Manado, selain memakai bertamasya alam dengan kuliner, jangan lupa demi memperoleh pulang oleh-oleh khas Manado demi kerabat terdekat. Apa saja sih oleh-oleh khas Manado yang populer serta rasa yang lezat? Simak yuk ulasanya berikut itu:

1. Klappertaart

Klapertaart ialah kue khas Belanda serta sentuhan budaya Indonesia. Klappertaart sebenarnya memiliki tafsiran cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart tersebut terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, serta air kelapa. Kue itu biasanya disajikan di atmosfer dingin. Klapertaart jadi favorit dominan orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Klapertaart sukses bertahan setelah 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat dengan disimpan dalam suhu dingin. Tapi bahwa Kamu berencana demi membawanya terbang dari Manado ke Jakarta atau kota selanjutnya kue tersebut tetap bisa bertahan, asalkan ketika sampai dalam lokasi segera dimasukkan menuju lemari es. Harga klapertaart tersebut berkisar diantara 15.000 Rupiah setelah 60.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

2. Halua kenari

Halua Kenari adalah kue khas Manado yang dibuat serta bahan nomor satu kacang kenari. Kacang kanari sebagai tumbuhan yang tumbuh subur dalam Sulawesi Utara. Kacang kenari itu dilapisi tetapi gula merah yang telah dilebur. Tak sulit bagi Anda untuk menemukan camilan favorit seluruh kalangan Manado ini, karena dominan hanya sekali dijual pada toko oleh-oleh. Harga yang dipatok demi makanan tersebut berkisar antara 10.000 - 45.000 Rupiah terserah dari ukuran juga berat isinya. Kudapan tersebut ialah teman yang cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

3. Panada

Salah satu makanan yang tenar dalam Manado selain klapertaart adalah panada. Sebetulnya, makanan itu bukanlah khas dari Manado, melainkan makanan peninggalan bangsa Portugis yang dari menuju Minahasa berbagai masa yang selanjutnya.

Nama Panada sendiri memperoleh makna empanada, ialah isian makanan berupa ikan yang dibungkus roti.
Kue tersebut memperoleh bentuk mirip pastel, tapi serta isi yang berbeda yaitu ikan cakalang dibumbu panpis. Bumbu panpis pun adalah ikan cakalang yang dimasak serta bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Biaya kue ini dibandrol sejak satu.250 Rupiah. Semakin mahal harganya berarti isinya dan makin sangat banyak.

4. Pala manis

Pala manis sebagai kudapan khas Manado yang sudah populer sesudah kalangan tetangga, bahkan makanan tersebut sudah diekspor ke Malaysia. Pala manis Manado memperoleh tampilan yang berbeda dibanding manisan pala yang terbuat dari tempat lain. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula yaitu pemanis, sehingga teksturnya mengkilap juga lebih bersih. Di daerah berikutnya, manisan pala di realitasnya memanfaatkan gula pasir.

Biaya yang dipatok untuk pala manis ini rata-rata 40.000 Rupiah per bungkusnya. Kita mampu menemukan pala manis ini pada berbagai sudut kota Manado, dengan dengan pada counter Bandara Sam Ratulangi Manado atau Pelabuhan Bitung

5. Kacang goyang

Kacang goyang merupakan camilan yang paling sangat ada pada acara hajatan seluruh kalangan Manado. Kacang goyang yaitu kacang atom yang berbalut terigu yang selanjutnya dilumuri gula dalam lapisan luarnya pada akhirnya memiliki warna yang beragam. Nama kacang goyang sendiri diperoleh sesuai proses pembuatannya, dikarenakan pembuatan kacang itu diharuskan digoyang-goyang.

Ada seorang daerah yang populer yaitu daerah pembuat kacang goyang dalam Kotamobagu. Bahan-bahan yang biasanya digunakan demi menciptakan kacang tersebut diantara lain coklat van houten, gula putih, juga zat pewarna makanan yang telah terdaftar aman. Harga kacang tersebut berkisar diantara 10.000 Rupiah hingga 25.000 Rupiah.

6. Dodol amurang

Tak sekedar kota Garut yang terkenal serta dodolnya, kini Manado juga gunakan dodol khas tersendiri merupakan dodol amurang. Dodol amurang ini sangat banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol itu terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk dibawa santannya, kacang, serta kayu manis.

Setelah para bahan menjadi satu juga dibungkus juga daun kelapa, dodol itu dikukus juga sengit 120 derajat. Dodol amurang merupakan makanan diwajibkan di kegiatan syukuran rakyat Manado. Harga dodol ini berkisar 500 setelah 5.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

7. Cakalang fufu

Masyarakat makanan pedas paling gemar dan cakalang fufu. Makanan khas Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang menghadapi proses pengasapan. Proses pengasapan di Manado dimaksud fufu. Itulah kenapa disebut adalah cakalang fufu. Ikan cakalang tersebut berhasil berhadapan pada Pelabuhan Nelayan Belitung.

Banyaknya pasokan ikan mencetak warga dalam daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dengan dibuang sisiknya. Selanjutnya dibelah jadi 2 serta dilumuri bumbu. Proses pengasapan itu juga memakan momen 4 jam. Harga per ikan bervariasi tergantung dari besarnya, biasanya berkisar diantara 35.000 hingga 65.000 Rupiah.

8. Sambal roa

Sambal roa yaitu sambal khas dari Manado yang telah terkenal di seluruh Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Sambal roa yaitu sambal yang terbuat dari ikan roa yang telah diasap. Ikan roa yang telah diasap itu dihancurkan sesudah halus. Ikan roa yang telah halus ini selanjutnya dimasak dengan bumbu juga minyak. Sambal roa ini sangat lezat dinikmati dengan juga nasi keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar